Sabtu, 05 Oktober 2019

7 Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Untuk Pemula Agar Sukses

Apakah Anda berencana ingn memulai bisnis cafe coffee? Ya, salah satu bisnis yang cukup populer dengan peminat yang sangat banyak sekarang ini adalah cafe cofee. Peminat coffee sekarang ini tidak hanya orang tua saja, namun seiring berkembangnya zaman coffee sekarang ini dimodifikasi dan dikelola seunik dan enak mungkin agar semua kalangan bisa menikmatinya.

 Anak muda zaman sekarang tongkronganya kebanyakan di cafe coffee selain menikmati coffee mereka juga asik berkumpul dan internetan karena sebagian cafe juga terdapat fasilitas free wifi. Melihat Indonesia sendiri adalah salah satu penghasil dan penikmat kopi terbesar di dunia tentu ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus untuk kita coba. Bisnis cafe coffee tentu saja sangat bagus, namun sebelum itu Anda harus tau cara mengelolanya dengan baik dan benar.

Di Kota-kota besar tentu sekarang ini cafe coffee sudah tersebar dimana-mana, tampaknya itu memang sungguh ladang bisnis yang sangat bagus. Nah, bagi Anda yang ingin membuka cafe cofee atau coffee shop tentu ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan dan pada kesempatan kali ini saya sangat tertarik sekali untuk berbagi hal tersebut, yaitu tentang Bagaimana strategi memulai usaha cafe coffee yang baik serta bagaimana cara mengelolanya agar sukses.


7 Cara Membuat Bisnis Cafe Coffee/ Coffee Shop Agar Sukses


1. Ide dan Konsep


contoh inovasi coffiee


Ide dan konsep adalah dua hal yang harus selalu kita perhatikan dalam memulai bisnis karena tanpa ide maka tidak akan ada gambaran.  kemudian tanpa konsep, maka tidak akan ada yang namanya riteratur perencanaan dsb. Mulailah dengan rencana Anda jangan sampai Anda main hajar saja tanpa memiliki rencaya yang matang. 

Setelah membuat perencanaan, maka seterusnya hal yang harus Anda lakukan Andalah ide dan konsep jualan kopi Anda. Apa saja menu yang akan Anda buat, bagaimana cita rasa dari setiap menu tersebut dan apa saja pola atau seni yang akan Anda tambahkan pada secangkir kopi. 

Sekarang ini kita bisa melihat banyak orang yang mencampurkan seni di dalam secangkir kopi bagi mereka yang bukan penikmat kopi, mereka secara tidak sengaja sudah terhipnotis dengan tampilan dari kopi tersebut dan akhirnya ikut-ikutan order.

 Bagaimana bisa saya membuat seni di dalam secangkir kopi? Ya, itu adalah pertanyaan yang bagus. Sebelum membulai usaha kopi tentu Anda juga harus belajar dai yang lebih ahli disini Anda harus mengikuti kursus dan belajar secara detail tentang pengolaan dan manajemen kopi yang baik.

2. Buatlah Desain Interior dan Eksterior yang Unik dan Keren


desain interior


Selanjutnya hal yang paling penting yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah konsep desain ruangan Anda. Cari ide sebagus mungkin guna untuk mengimplementasikan desain pada ruangan yang akan Anda jadikan kedai kopi nanti. 

Coba cari konsep minimalis baik di majalah, internet atau sedikit meniru desain kedai yang sudah ada. Sekarang ini Anda bisa dengan leluasa melihat gamabr-gambar desain yang unik melalui Internet atau jika Anda memiliki kenalan Anda juga bisa meminta pendesain untuk membuat konsep nyata tentang desain cafe Anda.

Ingat terget Anda disini adalah kaum milenial, jadi pastikan Anda membuat desain yang minimalis dan disukai oleh para anak milenial sekarang ini. Tambahkan juga aksesoris, lighting yang hangat sehingga nuansa cafe lebih santai.


3. Branding Untuk Usaha Anda


tentukan brand


Branding adalah hal yang sangat mutlak yang harus Anda buat, sebelum semuanya berdiri dan open, maka Anda harus memikirkan matang-matang tentang branding ini. Ingat branding ini hidup dan akan selalu dikenal oleh orang. Bagaimana orang bisa mengenal cafe Anda jika cafe Anda tidak memiliki nama atau branding. Cari nama atau branding yang unik dan mudah orang ingat. Seperti Coffee fun, Coffee Rexa, Coffee Milenial, Cofee Que dsb. Intinya bisa membaur dengan masyrakat dan khusunya anak muda, karena sekarang ini target marketing kita adalah anak muda.



4. Alat atau Mesin Untuk Mengelola Kopi


contoh alat mesin coffee


Pilihlah alat yang bagus dan modern untuk mengelola kopi atau Anda juga bisa menggunakan cara manual seperti di cafe''. Ya, intinya alat yang Anda miliki harus memadai. Anda dapat melihat jenis-jenis mesin cofee di internet atau berkonsultasi kepada teman dan mentor. Apa jenis alat pembuat cofee yang bisa digunakan di cafe-cafe itu adalah persyaratan yang harus Anda miliki.



5. Pemasaran Usaha Anda

Poromosi Diskon


Marketing untuk mempromosikan produk kita sangatlah penting oleh karena itu jangan heran jika di awal Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbanyak jaringan dan konsumen melalui iklan dan promosi. Anda bisa beriklan misalkan melalui koran, majalah, stiker, browsur, radio atau yang lebih praktis dan modern sekarang ini melalui Internet dan sosial media. Jangan lupa untuk membuat fans fage facebook, twitetr, whatsup, instagram dan website guna para konsumen lebih dekat lagi dengan produk Anda.

Atau Anda juga dapat bekerjasama dengan payment gateway seperti OVO, GOPAY dan Anda juga dapat bekerjasama kepada bank dan jika ada yang menggunakan kartu tertentu, maka akan mendapatkan diskon.



6. Buat Daftar Menu yang Unik

daftar menu



Nah, pada point ini Anda harus membuat menu usaha Anda. Apa saja menu cofee yang ada di cafe Anda? Menu ini tentunya dibuat ketika Anda membuat resep dan barulah menerbitkan menu. Jangan sampai ketika konsumen datang ke cafe Anda dan mereka bingung mau pesan menu apa? Minimal Anda memilki 5 hingga 10 menu spesial.


7. Cita rasa Dan Nilai Plus

citra rasa cofee

Cita rasa adalah main of in you. Artiny Anda harus menambahkan cita rasa yang lebih dari yang lain. Karena orang akan menilai produk itu dari cita rasa dan penyajian. Selain itu Anda bisa menyajikan coffee unik seperti yang bergambar atau juga bisa req dengan tulisan dsb.

Itulah tadi cara memulai bisnis Coffee Shop agar sukses semoga dengan membaca artikel kami ini dapat memberikan Anda referensi tentang tata cara memulai bisnis Coffee Shop agar sukes dan bisa membuka banyak cabang.

Artikel Terkait